Tips dan Cara Aman Investasi Saham Part 2

60 views

Di dunia pasar modal, saham yaitu instrumen investasi dengan tingkat resiko paling besar dibandingkan instrumen investasi lainnya, tetapi saham memberikan imbal balik atau keuntungan yang besar pula. Berinvestasi di pasar modal memang memiliki karakteristik resiko dan return (imbal balik) diatas rata-rata investasi dari produk perbankan lainnya, seperti deposito atau tabungan berjangka. Tapi, ada pula risiko investasi pasar modal yang wajib dipahami dengan baik agar Anda bisa mengoptimalkan keuntungan dan meminimalisir kerugiannya.

Sebagai calon pemberi modal, sebelum Anda menentukan untuk menanamkan dana di pasar modal dan bermain saham, hal mendasar yang wajib Anda miliki yaitu kemauan untuk belajar tentang saham dan mengenali variasi profil resiko investasi Anda. Belajar tentang saham itu gampang apalagi dengan kemudahan menerima info saat ini. Rajin-rajinlah membaca info dari dunia online, buku, majalah keuangan, hasil riset institusi keuangan atau berkonsultasi dengan penasihat investasi. Jangan pernah membeli produk investasi saham yang tidak Anda pahami yang hanya akan merugikan Anda. Agar investasi Anda memberikan hasil yang memuaskan, jangan malas untuk mencari info dan mempelajarinya. Berikut hal-hal yang wajib diperhatikan sebelum Anda berinvestasi saham

5. Hindari Tapi Membeli Satu Saham

Saham yaitu instrumen investasi saham pasar modal yang tengah berkembang di Indonesia. Investasi saham bisa mendatangkan keuntungan dalam jumlah besar sekiranya Anda memahami betul sistem bermain saham untuk investasi. Bisa juga sebaliknya, Anda bisa merugi besar karena bermain saham. Hindari menanamkan dana hanya pada salah satu variasi saham tertentu, untuk mengantisipasi bermacam elemen eksternal dan internal yang akan menyebabkan harga saham Anda mengalami penurunan. Menanamkan semua dana Anda pada satu saham saja, berisiko rugi lebih besar daripada Anda membagi-bagi dana Anda untuk membeli 2 atau 3 variasi saham. Alasannya, sekiranya salah satu saham Anda mengalami kerugian, Anda masih berpeluang untuk meraup untung dari saham-saham Anda yang lainnya.

6. Cek Likuiditas Saham Perusahaan

Berinvestasi saham dengan aman yaitu dengan memahami strategi investasi untuk meminimalisir risiko yang terjadi sehingga Anda bisa mengoptimalkan untung investasi. Sebelum menentukan membeli saham, sebaiknya periksalah likuiditas saham perusahaan yang akan Anda beli. Apakah saham tersebut likuid dan baik untuk dibeli atau sebaliknya. Baca dan pelajari rincian data keuangan perusahaan tersebut dari website Bursa Efek Indonesia atau alamat website perusahaan. Pelajari dan perhatikan nilai rasio-rasio keuangan penting. Lakukan analisis fundamental dengan mengamati nilai harga saham, laba per saham dalam laporan keuangan, hingga mengerjakan analisis teknikal dengan mengamati popularitas perubahan harga market, baik dari volume maupun harga saham.

7. Selektif Memilih Perusahaan Sekuritas atau Broker

Dari semua kiat, hal yang paling penting yaitu pastikan perusahaan sekuritas yang Anda pilih terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Anda juga bisa memeriksa likuiditas perusahaan broker selaku Penjamin Emisi Efek atau Perantara Pedagang Efek di website Bursa Efek Indonesia, mencek laporan keuangan perusahaan tersebut dan cek kredibilitasnya dalam memberikan info secara rutin tentang investasi kepada kliennya.

Berinvestasi yaitu cara yang baik untuk mengoptimalkan aset yang Anda miliki. Saham yaitu instrumen investasi saham jangka panjang yang menguntungkan. Bijaklah senantiasa dalam berinvestasi saham, jangan gampang tergiur dengan investasi tidak legal atau investasi abal-abal yang menawarkan untung selangit. Sebelum investasi, pelajari dan pahami seluk beluk, untung rugi dan strategi berinvestasi saham dengan cara yang aman dan menguntungkan.

Tags: #Analisis fundamental #Bursa Efek Indonesia #Ekonomi #Investasi #Pasar modal

Leave a reply "Tips dan Cara Aman Investasi Saham Part 2"

Author: 
    author