China: “No Winner” Dalam Pertempuran Dagang

59 views

Para pemimpin BRICS (Brasil, Rusia, India, Cina dan Afrika Selatan) akan mengadakan pertemuan tiga hari di Johannesburg, Afrika Selatan. Menurut China, tidak ada negara yang dapat dinyatakan sebagai pemenang dalam perselisihan perdagangan global, karena Presiden China Xi Jinping mengimbau negara berkembang untuk menolak proteksionisme. Sementara Presiden Afrika Selatan Cyril Ramaphosa memberikan peringatan tentang pengaruh ancaman tarif oleh Presiden Amerika Donald Trump. BRICS terdiri dari lebih dari 40% populasi dunia tetapi tidak pernah bekerja sama sebagai blok ekonomi yang terkoordinasi.

Lebih lanjut, Xi menyatakan bahwa perluasan konsolidasi negara-negara berkembang dan pasar yang sedang berkembang sebagai konsolidasi yang berkelanjutan dan yang akan menyeimbangkan lebih banyak pertumbuhan global. Pada minggu sebelumnya, Trump mengatakan bahwa dia siap untuk menetapkan tarif senilai $ 500 milyar pada semua barang impor Cina.

Sementara Afrika Selatan saat ini sedang menderita kerusakan ekonomi tambahan yang diakibatkan oleh tarif AS pada baja dan aluminium yang mempengaruhi 7.000 pekerjaan, kata Menteri Perdagangan negara itu Rob Davies. Dan upaya untuk memaksakan pengecualian dari pemerintah AS atas hal tersebut diatas juga gagal.

Ada 22 negara lagi yang diperkirakan akan berpartisipasi dalam KTT pekan ini, 19 di antaranya dari Afrika. China menjanjikan investasi senilai $ 14.7bn ke Afrika Selatan, menurut pengumuman Presiden Ramaphosa setelah upacara pembukaan.


Sumber: Forexmart

Tags: #Afrika Selatan #Brasil #BRICS #Donald Trump #Ekonomi #India #Investasi #Johannesburg #Proteksionisme #Republik Rakyat China #Rusia #US #Xi Jinping