RBI Bertujuan untuk Memperketat Monetary Policy Karena Tekanan Inflasi, Kata IMF

Dengan meningkatnya inflasi, bank sentral perlu memperketat kebijakan moneter sedikit demi sedikit karena meningkatnya inflasi yang disebabkan oleh naiknya harga minyak dan penurunan harga rupee, menurut Dana Moneter Internasional pada hari Rabu.

Reserve Bank of India meningkatkan repo rate untuk pertemuan kedua berturut-turut pada minggu sebelumnya sebesar 25 basis poin menjadi 6,5 persen dengan risiko tekanan inflasi.

Ini mungkin akan meningkat menjadi 5,2 persen tahun ini dan selanjutnya dari 3,6 persen dari terendah 17 tahun pada tahun fiskal sebelumnya seperti yang dikatakan oleh laporan IMF.

Dikatakan bahwa tekanan inflasi didorong oleh peningkatan permintaan domestik dan kenaikan harga pengadaan tanaman utama oleh pemerintah, mencari dukungan dari petani sebelum pemilihan nasional pada 2019.

Inflasi konsumen tahunan mencapai 5 persen pada bulan June dan tetap lebih tinggi dari target jangka menengah 4 persen untuk bulan kedelapan berturut-turut.

Pengetatan kebijakan akan membantu dalam membangun kredibilitas moneter sebagai resolusi terhadap tekanan inflasi berdasarkan laporan tahunan IMF. Perkiraan defisit akun saat ini dari GDP pada tahun 2018 hingga 19 diperkirakan melebar 2,6 persen dari 1,9 persen pada tahun sebelumnya karena harga minyak dan permintaan yang kuat untuk impor.

Quote minyak mentah global yang diproyeksikan meningkat dari perkiraan sebelumnya $ 62 menjadi $ 72 rata-rata per barel pada 2018/19.

Reformasi ekonomi dilakukan oleh pemerintah Prime Minister Narendra Modi termasuk Goods and Services Tax (GST) nasional dan digerakkan oleh investasi asing di sektor-sektor baru.

Risiko kekurangan pendapatan pajak bisa saja terjadi pada tahun ini karena masalah terus-menerus dengan implementasi GST dan memperlambat reformasi di sektor keuangan.

Perekonomian India kemungkinan akan tumbuh sebesar 7,3 persen pada fiscal year sekarang dan 7,5 persen pada berikutnya.


Sumber: Forexmart

Tags: #IMF #India #RBI #Rupee

Leave a reply "RBI Bertujuan untuk Memperketat Monetary Policy Karena Tekanan Inflasi, Kata IMF"

Author: 
    author